Cadangkan ponsel Android Anda sekarang

Jika Anda memiliki ponsel Android, penting untuk memastikan bahwa Anda mencadangkan perangkat Anda secara teratur. Dengan cara ini, jika sesuatu terjadi pada ponsel Anda, Anda tidak akan kehilangan semua data dan file penting Anda.

Ada beberapa cara berbeda untuk mencadangkan ponsel Android Anda. Salah satu opsinya adalah menggunakan fitur pencadangan bawaan yang disertakan dengan sebagian besar ponsel Android. Pilihan lainnya adalah menggunakan layanan pencadangan pihak ketiga.

Cara terbaik untuk memastikan ponsel Android Anda dicadangkan dengan benar adalah dengan menggunakan kombinasi kedua metode. Dengan cara ini, Anda akan memiliki salinan lokal data Anda di ponsel Anda serta salinan berbasis cloud yang dapat Anda akses dari mana saja.

Jika Anda tidak yakin bagaimana cara mencadangkan ponsel Android Anda, jangan khawatir! Ini sebenarnya sangat mudah. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menggunakan fitur pencadangan bawaan di ponsel Anda serta cara menyiapkan layanan pencadangan pihak ketiga.

Mari kita mulai!

Cadangkan menggunakan fitur pencadangan bawaan

Sebagian besar ponsel Android dilengkapi dengan fitur pencadangan bawaan yang dapat Anda gunakan untuk membuat salinan data Anda. Cadangan ini biasanya disimpan di penyimpanan internal ponsel Anda atau di kartu SD.

Untuk menggunakan fitur pencadangan bawaan ponsel Anda, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk opsi “Cadangkan & setel ulang”. Pada beberapa ponsel, opsi ini mungkin terletak di tempat yang berbeda (seperti di bawah Pengaturan sistem).

Setelah Anda berada di menu Cadangkan dan setel ulang, aktifkan opsi “Cadangkan data saya”. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyimpan salinan data Anda di penyimpanan internal atau kartu SD ponsel Anda.

BACA JUGA :  Baseus Mengungkapkan Pengisi Daya GaN 100W Ajaib dengan Sertifikasi Quick Charge 5

Pastikan untuk mengklik tombol Cadangkan data saya untuk benar-benar memulai proses pencadangan. Bergantung pada seberapa banyak data yang Anda miliki, ini bisa memakan waktu beberapa menit atau satu jam.

Setelah pencadangan selesai, Anda dapat melihatnya dengan mengklik opsi “Lihat Cadangan”. Ini akan menunjukkan kepada Anda tanggal dan waktu pencadangan terakhir serta data yang disertakan dalam pencadangan.

Cadangkan menggunakan layanan pihak ketiga

Selain menggunakan fitur pencadangan bawaan di ponsel, Anda juga dapat menggunakan layanan pihak ketiga seperti Google Drive atau Dropbox untuk membuat cadangan data cloud.

google Drive

Untuk menyiapkan cadangan cloud menggunakan Google Drive, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk opsi “Cadangkan & setel ulang”. Selanjutnya, aktifkan opsi “Cadangkan ke Google Drive”.

Anda akan diminta untuk masuk ke akun Google Anda jika Anda belum masuk. Setelah masuk, Anda dapat memilih seberapa sering Anda ingin data Anda dicadangkan dan jenis data apa yang ingin Anda sertakan dalam cadangan.

Pastikan untuk mengklik tombol “Cadangkan Sekarang” untuk benar-benar memulai proses pencadangan. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada jumlah data yang Anda miliki.

Untuk melihat cadangan Google Drive Anda, buka aplikasi Google Drive dan ketuk ikon “Menu”. Kemudian ketuk opsi “Cadangan”. Ini akan menunjukkan kepada Anda tanggal dan waktu pencadangan terakhir serta data yang disertakan dalam pencadangan.

kotak jatuh

Anda juga dapat mengatur pencadangan cloud menggunakan Dropbox. Untuk melakukan ini, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk opsi “Cadangkan dan setel ulang”. Kemudian aktifkan opsi “Cadangkan ke Dropbox”.

Anda akan diminta untuk masuk ke akun Dropbox Anda jika Anda belum masuk. Setelah masuk, Anda dapat memilih seberapa sering Anda ingin data Anda dicadangkan dan jenis data apa yang ingin Anda sertakan dalam cadangan.

BACA JUGA :  7 Alasan Untuk Mendapatkan Forbruksl√•n Dan Cara Mendapatkan Yang Bagus

Pastikan untuk mengklik tombol “Cadangkan Sekarang” untuk benar-benar memulai proses pencadangan. Ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada jumlah data yang Anda miliki.

Untuk melihat cadangan Dropbox Anda, buka aplikasi Dropbox dan ketuk ikon “Menu”. Kemudian ketuk opsi “Pengaturan”. Di bawah tab Akun, Anda akan melihat daftar semua file yang telah dicadangkan ke akun Dropbox Anda.

Cadangkan ponsel Android Anda

Sekarang setelah Anda mengetahui cara menggunakan fitur pencadangan bawaan pada ponsel Anda serta cara mengatur pencadangan berbasis cloud menggunakan layanan pihak ketiga, Anda dapat yakin mengetahui bahwa data Anda aman dan sehat.

Jika Anda perlu memulihkan data Anda, Anda dapat menggunakan fitur pemulihan bawaan di ponsel Anda atau cukup mengakses cadangan Anda dari layanan berbasis cloud yang Anda gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.